Memanfaatkan Instagram Sebagai Media Promosi



Saat ini intagram adalah media social yang paling digemari oleh public, selain untuk mempublikasikan foto kepada teman, instagram juga bisa digunakan untuk sarana bisnis. Menurut data dari instagram press center, kini dalam satu bulan ada 100 juta pengguna aktif yang menggunakan instagram. Mereka mengupload 40 foto juta per hari dengan 8500 like per detiknya.  
Jika usaha yang sedang dijalankan merupakan usaha yang membidik kalangan remaja, sangat cocok menggunakan instgram sebagai media promosi. Ada kelebihan dan ada kekurangan bisnis dengan instagram. Adapun kelebihan dari bisnis menggunakan instgram adalah sebagai berikut :
1.      Pasar yang melek teknologi. Salah satu kelebihan berjualan lewat Instagram adalah pengguna Instagram sudah ‘terjamin’ melek teknologi. Artinya, mereka yang aktif di Instagram pastilah aktif pula di Twitter dan mungkin juga Facebook. Karena itu, sangat tepat bila Anda mempromosikan produk Anda melalui Instagram dan dibantu jejaring sosial lainnya.
2.      Pengguna Instagram pastilah memiliki gadget yang mendukung aplikasi tersebut, yaitu android phones maupun iPhone. Ini berarti Instagram memiliki pengguna yang rata-rata kelas menengah ke atas. Hal ini menguntungkan bagi Anda, karena calon konsumen Anda kemungkinan besar mempunyai ‘kantong’ yang cukup dalam.
3.      Display produk yang simple. Karena Instagram memang digunakan sebagai aplikasi berbagi foto, fitur-fitur yang tersedia di Instagram akan mendukung gambar produk yang Anda upload di dalamnya.
4.      Di Instagram, kebanyakan fotonya menggunakan hashtag. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan hashtag agar memudahkan calon pembeli menemukan produk Anda.
Sedangkan untuk kekurangannya adalah sebagai berikut :
1.      Instagram hampir tidak mempunyai fitur yang mendukung online shop. Bisa jadi ini adalah kekurangan paling fatal yang akan Anda alami jika berjualan melalui Instagram. Kalau Anda berjualan di Instagram ya, seadanya.
2.      Karena berbasis smartphones, foto-foto yang ada di Instagram berukuran kecil dan sering kali tidak kelihatan jelas. Lebih baik memajang display produk Anda melalui Facebook yang bisa diakses di komputer ketimbang di Instagram yang resolusi fotonya kecil.
3.      Sekarang, Instagram mulai mengembangkan InstaMessage, yaitu fitur chat untuk antar pengguna Instagram. Namun masih banyak sekali pengguna Instagram yang belum menggunakan fitur ini, sehingga untuk berkomunikasi antar-pengguna Instagram harus melalui media komunikasi yang lain seperti LINE, Blackberry Messenger atau WhatsApp.
4.      Terlalu banyak online shop lain yang menjual barang yang persis sama, sehingga pembeli dengan mudah akan beralih ke online shop lain. Anda harus pintar-pintar membuat pembeli loyal kepada Anda.
Instagram adalah aplikasi foto gratis yang digunakan oleh lebih dari 80 juta pengguna. Instagram memiliki fasilitas untuk mengedit foto secara instant menggunakan filter-filter menarik yang telah disediakan. Instagram bisa digunakan untuk mempromosikan produk bisnis anda. Instagram bisa di download melalui googleplay dan iStore secara gratis. Berikut beberapa tips oleh entrepreneur.com tentang menggunakan instagram untuk bisinis:
1. Tampilkan produk anda
Tampilkan produk anda seperti toko yang sedang menampilkan semua produknya, karena banyak orang menyukai window shoping. Agar produk anda bisa dilihat banyak orang, maka add follower sebanyak-banyaknya. Untuk lebih menarik maka ajaklah follower anda untuk berinteraksi dengan menanyakan pendapat mereka tentang gambar yang anda tampilkan. Tampilkan juga produk terfavorit anda.
2. Tampilkan proses pembuatan produk
Beri kesempatan untuk follower anda agar bisa melihat proses pembuatan produk anda. Jika proses terlalu panjang, maka anda bisa memotong-motongnya menjadi beberapa bagian dan diupload perhari, sehingga follower merasa penasaran untuk mengikuti proses-proses pembuatan selanjutnya.
3. Tampilkan behind the scene
Melaunching sebuah produk adalah proses yang panjang dan memerlukan kerja extra, karena itu anda bisa menampilkan proses behind the scene. Tujuannya adalah melibatkan
Follower pada produk anda.
4. Tampilkan kegunaan produk bagi pelanggan
Gunakan instagram untuk mengetahui pengalaman follower anda saat menggunakan produk anda. Minta mereka untuk mengupload pengalaman mereka, jika memungkinkan berikan hadiah untuk foto terbaik.
5. Tampilkan kantor anda
Mungkin pelanggan anda bertanya-tanya, bagaimana rasanya jika bekerja di kantor anda? Anda bisa menjawab ini dengan menampilkan foto-foto karyawan anda atau acara-acara menarik di kantor anda.
Teruslah aktif mempublikasikan foto-foto anda menggunakan instagram, semakin anda rajin, anda akan semakin memiliki banyak follower dan tentunya memperluas pasar anda. selamat mencoba. 
 Seperti itulah gambaran mengenai penggunaan instagram sebagai media promosi untuk usaha online. Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan usaha online!

Sumber : pengusahamuslim.com 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memanfaatkan Instagram Sebagai Media Promosi"

Post a Comment